SEKILAS INFO
: - Thursday, 13-08-2020
  • 1 minggu yang lalu / Keluarga besar SMP NEGERI 1 BATUJAJAR mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1441 H
  • 3 minggu yang lalu / Penyerahan berkas MPLS (Jurnal) dimulai pada hari senin, mohon datang sesuai jadwal yang telah ditentukan dan tetap memperhatikan protokol kesehatan
  • 1 bulan yang lalu / Bagi calon peserta didik yang telah lolos seleksi (diterima) harap melakukan DAFTAR ULANG, jika tidak maka dianggap MENGUNDURKAN DIRI
SMPN 1 Batujajar Mieling Poe Basa Indung Internasional

SMPN1BATUJAJAR.sch.id – Februari merupakan bulan Bahasa Ibu Internasional. Sekolah pun memperingati dengan berbagai kegiatan. Tak terkecuali, SMP Negeri 1 Batujajar Kabupaten Bandung Barat Provinsi Jawa Barat. Seperti yang kita ketahui, Hari Bahasa Ibu Internasional (International Mother Language Day) ditetapkan oleh UNESCO (Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa/PBB) pada tanggal 21 Februari.

Peringatan ini dicetuskan sebagai upaya untuk melestarikan keberadaan bahasa ibu atau bahasa daerah yang ada di seluruh dunia. Serta sesuai dengan Undang-undang nomor 24 tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan Pasal 42 ayat (1) Pemerintah daerah wajib mengembangkan, membina dan melindungi bahasa dan sastra daerah agar tetap memenuhi kedudukan dan fungsinya dalam kehidupan bermasyarakat sesuai dengan perkembangan zaman dan agar tetap menjadi bagian dari kekayaan budaya indonesia. Hal ini pun selaras dengan peraturan daerah Provinsi Jawa Barat Nomor 14 tahun 2014 tentang Perubahan atas peraturan daerah Provinsi Jawa Barat nomor 5 tahun 2003, tentang Pemeliharaan Bahasa, Sastra, dan Aksara Daerah.

Penampilan Tari dari Siswi SMPN 1 Batujajar saat acara Mieling Basa Indung International

Penampilan Tari dari Siswi SMPN 1 Batujajar saat acara Mieling Basa Indung International

Dalam rangka memperingati hari bahasa ibu internasional atau Mieling Poe Basa Indung Internasional, para siswa SMP Negeri 1 Batujajar Kabupaten Bandung Barat memakai baju adat dan berkomunikasi dalam Bahasa Sunda, Jumat (21/02/2020).

Drs. H. Atang Kurniawan, M.Si., Kepala SMP Negeri 1 Batujajar mengatakan, Mieling Poe Basa Indung International bertemakan “Sunda Nanjung Ku Budi Luhung, Budi Luhung ku Basa Indung, Tong Era Nyarita ku Basa Sunda!”. Dengan tema tersebut, siswa SMP Negeri 1 Batujajar diwajibkan menggunakan pakaian adat sunda, serta berkomunikasi menggunakan Bahasa Sunda, baik dalam kegiatan formal maupun non formal,” ujar beliau saat membuka acara, Jum’at (21/2/2020).

Menurutnya, berdasarkan amanat Undang-undang, Bahasa dan Sastra Sunda merupakan kekayaan budaya bangsa yang wajib dilestarikan. “Tanggung jawab untuk melestarikan bahasa, sastra dan budaya Sunda ini sudah merupakan tanggung jawab bersama, tanpa terkecuali,” katanya.

Karena itu, lanjut beliau, diperlukan sebuah upaya sinergis yang melibatkan berbagai unsur dan didukung oleh semua pihak, agar nilai-nilai mulia yang terdapat di dalam kebudayaan Sunda dapat menyatu dengan kepribadian bangsa, khususnya dalam pembentukan karakter siswa.

“Itu yang jadi alasan kami mewajibkan siswa berkomunikasi dengan menggunakan Basa Sunda, dalam rangka pelaksanaan Mieling Poe Basa Indung Internasional,” pungkasnya.

Hari ini, terlihat siswa laki-laki mengenakan pangsi warna hitam, ada juga yang melengkapinya dengan iket. Sementara siswa perempuan kebanyakan memakai kebaya. Bukan hanya para siswa saja yang memakai pakaian adat. Namun, guru-guru dan staf tata usaha pun mengenakan pakaian adat. (admin)

2 komentar

Mumun, Friday, 21 Feb 2020

Mantap pa Panji
..lanjutkan👌

Reply

TINGGALKAN KOMENTAR

Pengumuman Terbaru

Pendaftaran Online PPDB 2020